Alergi

Alergi adalah kepekaan tubuh terhadap zat-zat allergen ( pemicu alergi, yang reaksinya berbeda-beda bagi setiap individu bahkan berbeda pada 1 individu tergantung keadaan fisik dan psikis.

Alergi umumnya terjadi pada organ pernapasan, pencernaan dan kulit. Manifestasi dari terganggunya organ yang bersangkutan bisa diamati lewat kejadian yang tidak biasanya terjadi pada seseorang seperti : asma atau gangguan pernapasan lainnya, demam, tekanan darah tinggi, diare, sembelit, gatal-gatal, kulit memerah, kepala pusing dan lain sebagainya.

Berbagai media memungkinkan tubuh terkena alergi adalah melalui makanan, obat atau vaksin atau bahan kimia yang diinjeksikan maupun yang masuk melalui kulit dari kosmetik yang digunakan, gigitan serangga, getah beracun dari pohon atau tumbuhan merambat. Dapat juga masuk melalui selaput lender hidung seperti serbuk sari dan debu.

Gejala :

Gejala-gejala umum yang menandai adanya alergi, tenggorokan terasa gatal, nyeri perut, diare, mual, muntah rasa gatal di mulu, tenggorokan, mata, kulit atau bagian tubuh lainnya, sesak nafas, bengek (mengi), kesulitan menelan

Saran :

Pentik untuk menjaga kondisi daya tahan tubuh, mengkonsumsi makanan yang dapat mendukung daya tahan tubuh.

Bagi penderita alergi yang sensitive agar selalu berusaha menghindari sumber alergi (allergen)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: